Kami Melayani Pemasangan Iklan, Ucapan Dan Pengumuman Untuk Koran, Majalah, Dan Iklan Online Dengan Harga Terjangkau. Minat, Hub. E-mail : candraunggah@gmail.com, Hp/WA : 0823-0641-6474 || Lowongan Kerja : Yang Berminat Bergabung di Dunia Jurnalistik, Minimal Tamatan SMA, Hub Kami. E-mail :candraunggah@gmail.com, Hp/WA : 0823-0641-6474

Unggah News

Info Terbarukan Tanpa Hoax

Wujudkan Kerinci Lebih Baik dan Berkeadilan, Dinas TPH Gagas Program Peningkatan Kesejahteraan Petani

KERINCI,UNGGAHNEWS.COM – Guna mewujudkan peningkatan kesejahteraan para petani di, Pemerintah Kabupaten Kerinci menunjuk Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura bersinergi dengan sektor-sektor lainnya dalam pembangunan ekonomi secara keseluruhan. Senin (9/11/2020).

Di Kerinci, pembangunan sektor pertanian tetap memegang peranan penting dari keseluruhan pembangunan ekonomi di Kabupaten Kerinci. Dikarenakan potensi sumber dayanya besar dan beragam, pasarnya juga besar dan sebagian penduduk menggantungkan hidupnya pada sektor ini, dan pertanian menjadi basis pertumbuhan dan budaya masyarakat perdesaan.

Pemerintah Kerinci tidak hanya memberi dukungan moral untuk petani, juga memberikan fasilitas sarana produksi yang dianggarkan dalam APBD dan APBN melalui pokok-pokok kegiatan, antara lain peningkatan sarana dan prasarana pertanian, penguatan modal, peningkatan produksi, serta pengolahan dan pemasaran hasil pertanian.

Pemerintah Kabupaten Kerinci melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura menetapkan program pengelolaan tanaman dan sumber daya secara terpadu.

Sesuai dengan tuntutan serta perkembangan perekonomian dan kebutuhan masyarakat, maka diperlukan manajemen pembangunan pertanian tanaman pangan yang modern dan meningkatkan keberpihakan kepada petani yang tinggi untuk memanfaatkan peluang yang ada, dan elanjutnya dirumuskan dalam bentuk Visi Misi Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Kerinci, yaitu “Mewujudkan peningkatan kesejahteraan petani melalui pengembangan pertanian dan penyuluhan menuju Kerinci lebih baik dan berkeadilan”.

Belum lama ini Dinas TPH Kerinci telah menerima delapan sertifikat tanda daftar varietas tanaman lokal dari Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Sertifikat tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia Prof. Erizal Jamal, kepada Bupati Kerinci H. Adirozal.

Delapan varietas lokal yang telah diakui sebagai kepemilikan Kabupaten Kerinci yakni tanaman holtikultura berupa bawang putih varietas Jangkiriah Adro, bawang merah varietas Baki Adro, cabai varietas Loker Telun Berasap, cabai varietas Ahang Adro, dan kentang varietas Kubik Adro. Sedangkan tanaman pangan padi varietas Padi Payo Dukung, padi varietas Padi Payo Bunga Melur, dan ubi jalar varietas Ubi Jalar Silo.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Kerinci, Radium Khalis mengatakan, pada tahun 2020 ini di bidang hortikultura telah melakukan uji keunggulan bawang putih varietas Jangkiriah Adro dan bawang merah varietas Baki Adro yang dilakukan BPTP Jambi dan uji kebenaran yang dilakukan BPSPT Jambi.

“Untuk bawang putih sudah dilakukan panen perdana oleh Gubernur Jambi pada Agustus 2020 yang lalu, pada tahun ini dilanjutkan dengan persiapan proposal untuk diajukan ke Kementan RI yang merupakan salah satu proses untuk pelepasan varietas sehingga bawang putih dan bawang merah lokal Kerinci menjadi bawang unggul nasional,” bebernya.

Selain itu, dalam suasana pandemi Covid-19 untuk membangkitkan ekonomi petani Kerinci dan masyarakat yang terdampak serta sesuai dengan moto Covid19 Kerinci balik ke ladang dan dana APBD juga di kembangkan kawasan kentang, bawang merah, jahe gajah serta buah-buahan.

“Pada tahun ini Dinas TPH juga memprogramkan bantuan untuk 10 desa stunting di Kerinci, guna meningkatkan ekonomi dan menjaga serta menambah gizi untuk menjaga kesehatan masyarakat yang berada di Desa stunting dengan memberikan bantuan benih dan bibit sayur-sayuran, Florikultura, biofarmaka dan juga buahan-buahan,” terang Radium.

Radium menyebutkan, Dinas TPH juga memprogramkan pembangunan screen house untuk pembibitan jeruk keprok pulau tengah yang merupakan jeruk lokal Kerinci yang mempunyai aroma dan cita rasa yang khas dan diharapkan pada tahun 2022 jeruk keprok pulau tengah bisa berkembang, berproduksi dan mampu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan penangkar dan petani jeruk keprok pulau tengah.

“Melalui kegiatan APBN 2020 juga diprogramkan kegiatan pengembangan kawasan kentang, bantuan sarana dan prasarana pengelolaan bawang dan cabe, serta bantuan sarana pasca panen sayur-sayuran dan buah-buahan,” ungkapnya.

Selain di segi pertanian, Dinas TPH Kerinci Bidang Air dan Irigasi juga telah membangun jalan produksi pada tahun 2019 lalu sepanjang 34.080 Meter dan tahun 2020 ini peningkatan jalan produksi sepanjang 21.005 meter. “Untuk irigasi tahun ini dibangun sepanjang 1.113 meter, dam parit 4 unit dan perpompaan 4 unit,” ujarnya.

Sementara itu, belum lama ini Dinas TPH juga telah membagikan kartu tani yang dibagikan kepada Petani di 16 Kecamatan di Kabupaten Kerinci untuk mempermudah petani mendapatkan pupuk bersubsidi.

“Untuk tahun 2020 ini masih tahap uji coba, hanya 1 kecamatan yang diaktifkan yaitu Kecamatan Keliling Danau,” cetusnya.

Sedangkan 15 kecamatan lainnya di kabupaten Kerinci, akan diaktifkan pada tahun 2021 mendatang, karena tahun ini masih tahap sosialisasi. “Januari tahun 2021 sudah bisa digunakan Kartu Tani tersebut,” ujar Radium.

Ditanya jumlah kartu Tani yang sudah dibagi kepada petani di kabupaten Kerinci? Ia menyebutkan sebanyak 31 ribu kartu Tani yang sudah dibagikan. “Kita berharap kartu tani yang sudah dibagikan itu bisa bermanfaat bagi petani di Kerinci,” pungkasnya.(Adv)

Copyright ©2020 UNGGAHNEWS.COM | Dev By Erlabs.net