Unggah News

Info Terbarukan Tanpa Hoax

Wabup Sarolangun Panen Raya Padi Di Desa Dusun Dalam, Kecamatan Batin VIII

Sarolagun, UnggahNews.com – Wabup Sarolangun Hilallatil Badri melakukan panen raya padi Di Desa Dusun Dalam, Kecamatan Batin VIII, Kamis (5/3).

Dalam sambutannya Wakil bupati menghimbau kepada masyarakat khususnya Kelompok Tani di Desa Dusun Dalam Kecamatan Batin VIII untuk terus mengoptimalkan penggunaan lahan pertanian dengan serius karena dari sinilah kita dapat menghasilkan hasil pertanian dengan baik.

Ia menambahkan, jika dilihat dari potensi lahan kering (Ladang) yang ada di Kabupaten Sarolangun di Tahun 2019 jumlahnya mencapai 15.200 hektar. Sementara hingga saat ini lahan yang dipergunakan untuk padi ladang mencapai 13.700 hektar.

“Artinya masih ada potensi lahan kering yang belum dimanfaatkan yaitu sebesar 2.500 hektar. Untuk itu, saya mengajak masyarakat untuk mengoptimalkan lahan pertanian yang ada, dan menghindari alih fungsi lahan pertanian untuk sektor lain,” bebernya.

Diwaktu bersamaan, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Sarolangun, Sakwan, dalam laporannya mengatakan bahwa luas lahan garapan petani di Desa Dusun Dalam ini seluas kurang lebih 230 hektar dan dikelola oleh enam kelompok tani.

Sedangkan varietas pada yang ditanam pada bulan Oktober 2019 yang lalu yaitu varietas seni, perak, dan putih kuku balam.

“Varietas yang kita tanam saat ini masih dalam proses sertifikasi,” katanya.

Sedangkan, untuk pemurnian benih padi ladang yaitu varietas seni mas, ekor kuda, dan bunga kelapa sudah terbit sertifikat tanda daftar, yang dalam proses pelepasan. Sedangkan lima varietas lagi yaitu bakang, endek, harus, godang, dan kubu sedang dalam proses sertifikasi tanda daftar.

Dalam panen raya itu, tampak dihadiri Asisten II Dedi Hendri, Sekretaris Dinas TPHP Provinsi Jambi, Hj.Jamilah, OPD Sarolangun serta undangan lainnya. (Adv)

Copyright ©2020 UNGGAHNEWS.COM | Dev By Erlabs.net