Unggah News

Info Terbarukan Tanpa Hoax

Tindak Lanjut Pencegahan Virus Corona, KPU Tanjab Timur Gelar Rakor Bersama Stakeholder

Muarasabak,UnggahNews.com -(18/03/2020) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanjab Timur memastikan tahapan Pilkada tahun 2020 tetap berjalan sesuai tahapan.

Ketua KPU Tanjab Timur Nurkholis, S.IP menuturkan sejauh ini belum ada perintah dari KPU RI untuk menunda tahapan Pilkada Serentak 2020. “Sejauh ini belum ada perubahan. Kami tetap menyelenggarakan sesuai tahapan,” ujarnya.

Nurkholis menjelaskan, pada Maret 2020 ini ada sejumlah tahapan Pilkada Serentak 2020 yang sedang dan mesti dikerjakan KPU Tanjab Timur seperti melantik anggota terpilih panitia pemungutan suara (PPS) di 93 Desa/Kelurahan.

“Selanjutnya KPU Tanjab Timur mesti melaksanakan bimtek verifikasi faktual bagi PPK dan anggota PPS terpilih, dimana PPS akan bertugas melakukan tahapan verifikasi faktual dukungan bakal pasangan calon perseorangan,” ujarnya.

Tahap verifikasi faktual dilakukan oleh anggota PPS di setiap desa/kelurahan dan berdasarkan SE KPU RI No. 4 tentang pencegahan penularan infeksi corona, Nurkholis menekankan pentingnya proteksi tinggi dan ketat terhadap petugas di lapangan.

“Kami tekankan kepada rekan-rekan untuk menerapkan SOP [standar operasional prosedur] sebagai antisipasi dari virus corona di kantor. Jaga kesehatan dan kebersihan badan agar tak tertular dan menularkan,” tegas Nurkholis.

Rapat Koordinasi Tahapan Pemilihan serentak 2020 Mempedomani Surat edaran KPU RI Nomor 4 tahun 2020 tanggal 16 Maret 2020 tentang panduan tindak lanjut pencegahan penularan Infeksi Corona Disease 2019 ( Covid – 19) di lingkugan Komisi Pemilihan Umum.

Kegiatan dipimpin oleh Ketua KPU Kab. Tanjab Timur Nurkholis, S.IP yang dihadiri oleh Kapolres Tanjab Timur AKBP Deden Nurhidayatullah, SH. SIK, Pabung 0419/Tanjab Mayor Inf. Marlianus Pasae, Kepala Dinas DUKCAPIL Kab. Tanjab Timur Aruji, Ketua Bawaslu Kab. Tanjab Timur Samsaidi, S.Sos, Kepala Badan KESBANGPOL Tanjab timur Abdul Rasid, SP, MH, Kasi Intel Kejari Tanjabtim Khaerul Hisam, SH, Sekertaris Dinas Kesehatan Kab. Tanjab Timur Hendriyanto, Kabag Pemerintahan Setda Tanjab Timur diwakilkan oleh Heri Ahmadi dan para Komisioner KPU Tanjab Timur.

Ketua KPU Kab. Tanjab Timur Nurkholis menambahkan, berdasarkan masukan dalam rakor, konsentrasi massa yang akan hadir dalam semua kegiatan KPU Tanjab Timur diharapkan untuk jumlah peserta tidak lebih dari 50 Orang dalam satu kegaiatan.

KPU Tanjab Timur akan melantik PPS tingkat Kecamatan yang akan dibagi menjadi 5 titik dalam wilayah Kab. Tanjab Timur dikarnakan pencegahan penularan Infeksi Corona Virus (Covid – 19).

Sekertaris Dinas Kesehatan dalam paparanya mengatakan
Untuk saat ini Kab. Tanjab Timur belum ada yang terindikasi corona virus namun Dinas Kesehatan akan melakukan komunikasi dengan semua elemen tentang penularan dan pencegahan dini penyebaran Coronavirus di Wilayah Kab. Tanjab Timur serta akan melaksanakan sosialisasi tentang bahaya corona virus. Dalam melaksanakan kegiatan pengumpulan massa yang cukup besar agar semua peserta di cek tentang Kesehatan untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan dalam penularan infeksi corona virus.

Pabung 0419/Tanjab Mayor Inf. Marlianus Pasae, menyampaikan TNI sudah melaksanakan kegiatan dalam pencegahan penularan Infeksi corona virus yang merupakan instruksi dari Komando Atasan. Untuk kegiatan yang dilaksanakan oleh massa yang besar seperti Upacara, TNI tidak melaksanakan kegiatan upacara tersebut dan mengundur kegiatan upacara tersebut serta melaksanakan pembersihan di lingkungan satuan masing masing.

Kapolres Tanjab Timur AKBP Deden Nurhidayatullah, SH, SIK, menyampaikan bahwa dalam pencegahan penularan corona virus kita semua harus memberikan sosialisasi kepada seluruh anggota dan masyarakat diantaranya dengan memberikan pengetahuan kepada seluruh anggota dan masyarakat tentang penyebaran corona virus dan memotivasi agar tidak tertular dengan menggunakan hand sanitizer dan masker dalam setiap kegiatan di luar rumah.

Menutup kegiatan rakor, Nurkholis menyampaikan semoga Tuhan YME, memberikan kesehatan dan keselamatan bagi kita semua, sehingga Indonesia segera terbebas dari virus covid-19 dan tahapan Pemilihan Serentak Tahun 2020 dapat terselenggara dg aman, lancar dan sukses. (Mrg)

Copyright ©2020 UNGGAHNEWS.COM | Dev By Erlabs.net