Unggah News

Info Terbarukan Tanpa Hoax

Tampung Keluhan Masyarakat, KPK Luncurkan Fitur JAGA Covid-19

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali luncurkan aplikasi Jaringan Pencegahan Korupsi atau dikenal dengan JAGA dengan mengembangkan fitur baru sebagai salah satu menu pada platform pencegahan korupsi.

Dalam menu JAGA  penanganan Covid-19, KPK berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menyediakan literasi untuk masyarakat berupa infografis tentang prosedur penanganan, insentif dan santunan tenaga kesehatan, vaksinasi, serta klaim rumah sakit dalam bentuk panduan dan format tanya jawab beberapa topik yang sering ditanyakan atau FAQ.

Informasi disampaikan Plt. Juru Bicara KPK Bidang Pencegahan Ipi Maryati Kuding kepada wartawan dalam rilisnya, Senin (3/5/2021).

“Tidak hanya itu, JAGA Penanganan Covid-19 juga membuka kanal keluhan terkait penanganan Covid-19. Keluhan yang masuk akan ditindaklanjuti langsung oleh dinas kesehatan setempat dan Kemenkes dengan koordinasi dan monitoring dari KPK,”papar Ipi Maryati.

Selain penambahan menu baru, JAGA juga terus melakukan pengembangan terkait aspek teknologi dan tampilan. Dengan JAGA v6, tampilan dan desain baru JAGA kini memberikan kenyamanan untuk penggunaan lintas platform.

Tampilan data dan informasi menjadi lebih ringkas, sehingga memudahkan pengguna untuk melakukan eksplorasi fitur-fitur JAGA lainnya lebih jauh.

Secara simbolik peluncuran menu baru tersebut dilakukan dengan menggelar dialog secara daring bartajuk “Lawan Pandemi, Berantas Korupsi, Lindungi Negeri”.  Dialog disiarkan secara langsung melalui akun Youtube KPK, Senin, 3 Mei 2021 pukul 10.00 WIB.

Hadir sebagai pembicara kunci Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono dan Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan, serta lima narasumber, yaitu Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan Murti Utami, Plt. Direktur Gratifikasi dan Pelayanan Publik KPK Syarief Hidayat, Komandan Lapangan RSDC Wisma Atlet Kemayoran Letkol Muhammad Arifin, Inisiator Pandemic Talks Firdza Radiany, dan Covid Survivor Indonesia Juan Charles Tuvano.

“Peluncuran JAGA Penanganan Covid-19 menyusul fitur JAGA Bansos yang dirilis setahun lalu untuk melakukan monitoring atas distribusi bantuan sosial selama pandemi Covid-19,”ujarnya.

Lanjut ia, sejak diluncurkan pada 29 Mei 2020, KPK mencatat hingga 31 Desember 2020 total 1.982 keluhan terkait distribusi bansos diterima, dengan 1.074 keluhan telah selesai ditindaklanjuti.

Selain itu, tercatat tidak kurang dari 3 juta jumlah akses melalui situs (web) maupun aplikasi (apps) dengan jumlah unduhan sebanyak 171.227 kali.

“Masyarakat dapat mengakses JAGA melalui situs JAGA.ID atau mengunduhnya pada gawai melalui Google Play Store maupun App Store,”imbuhnya. (gas).

Copyright ©2020 UNGGAHNEWS.COM | Dev By Erlabs.net