Unggah News

Info Terbarukan Tanpa Hoax

Sekda Tanjab Timur Buka Sosialisasi Pengolahan Dana Desa

UNGGAHNEWS.COM, Tanjab Barat – Sosialisasi pengolahan dana desa dengan Tema” Dana Desa Untuk Ketahanan Ekonomi Masyarakat”

Acara ini diikuti oleh seluruh camat dan jajaran serta kepala desa. Kamis (1/4/21).

Pembukaan sosialisasi ini dilaksanakan di Aula Kantor Bupati kompleks Perkantoran Kabupaten Tanjung Jabung Timur , Tujuannya untuk mewujudkan pemerintahan yang akuntabel dan berintegrasi.

Sosialisasi ini di hadiri kepala badan pemberdayan perempuan dan anak pengendalin penduduk provinsi jambi ibu Lupiya, sekertaris Inspektur jendral kementerian desa bapak Dian Rediana dan Inspektur lima bidang Investigasi dan pengawasan desa Bapak Asrul ediar. Tampak Sekda Tanjab Timur Safril. S.Ip didampingi kadis PMD Brilian serta Asisten I Pemkab Tanjung Jabung Timur Sujipto,

Saat di Konfirmasi media Safril menjelaskan sosialisasi ini dari 73 desa yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Timur terkait pelaksanaan dan pengelolaan dana desa. Kegiatan ini dilakukan karena 73 Desa, ini terkait pencairan masih Nol persen seluruhnya, karena sampai saat ini belum ada pencairan membuat keragu raguan dan kegamangan kepala desa terhadap aturan yang di keluarkan terkait dana desa 2021 Dengan merujuk pada permendes No 13 tahun 2021 membuat kepala desa agak kebingungan terkait kebutuhan masyarakat akan sarana dan prasarana fisik di lapangan, sementara dalam aturan tersebut masih bisa dilaksanakan dengan ketentuan 50 Persen untuk upah atau pemberdayaan masyarakat, 50 Persen untuk fisik,ucapnya.
Sekda menambahkan terkait pengunaan dana desa sebelumnya ditahun 2020 akan ada sedikit perubahan di pelaksanaan tahun 2021 ini.jelasnya.

Sekda Tanjab Timur Safril juga berpesan kepada semua kepala desa agar benar-benar menggunakan anggaran DD ini sesuai ketentuan dan skala prioritas. Yakni diarahkan untuk program kegiatan percepatan pencapaian pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan desa, berupa jaring pengaman sosial, padat karya tunai, pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah, sektor usaha pertanian, dan pengembangan potensi desa melalui BUMdesa.

Program prioritas nasional sesuai kewenangan desa, berupa pengembangan desa digital, desa wisata, usaha budidaya pertanian, peternakan, perikanan, ketahanan pangan dan hewani dan perbaikan fasilitas kesehatan, adaptasi kebiasaan baru desa, berupa upaya untuk mewujudkan desa aman Covid-19 dan desa tanpa kemiskinan.” tuturnya

Dengan penggunaan Dana Desa untuk memperkuat infrastruktur dasar untuk mendukung pengembangan ekonomi, pelayanan dasar, lingkungan hidup, Diantaranya, untuk pembentukan, pengembangan, dan revitalisasi Badan Usaha Milik Desa/Badan Usaha Milik Desa Bersama untuk pertumbuhan ekonomi desa merata, dan beberapa prioritas lainya sesuai Tugas Pokok dan Fungsi masing-masing. Yang tidak kalah penting adalah peran masyarakat untuk ikut mengawasi di tataran implementasi penggunaan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa khususnya terhadap pelaksanaan pembangunan di setiap desa dengan harapan agar tujuan dari Dana Desa diantaranya untuk meningkatkan pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan di desa bisa betul-betul terwujud,” pungkasnya.(Mrg).

Copyright ©2020 UNGGAHNEWS.COM | Dev By Erlabs.net