Puluhan Hektar Lahan di 2 Desa kecamatan Dendang Dilalap Si Jago Merah

0
49

Unggahnews.com, Muara Sabak – Dandim 0419/Tanjab, Letkol Inf M Arry Yudistira bersama Kapolres Tanjung Jabung Timur, AKBP Agus Desri Sandi saat membantu memadamkan api pada kebakaran puluhan hektar lahan gambut di Desa Catur Rahayu Kecamatan Dendang.

Kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) masih terjadi.

Kali ini api melahap kurang lebih puluhan hektar lahan gambut pada Selasa (3/9/2019). Belokasi di Desa Catur Rahayu Kecamatan Dendang, petugas Satgas Karhutla terdiri dari Polri, TNI, Manggala agni, BPBD, Damkar, Masyarakat peduli api dan pihak perusahaan yang berada di sekitar wilayah terdampak kebakaran.

Menurut keterangan Kapolres Tanjung Jabung Timur, AKBP Agus Desri Sandi, mengatakan bahwa api yang melahap lahan seluas puluhan hektar itu telah dilakukan upaya pemadaman sejak 2 hari yang lalu.

“Perkembangan sampai hari ke 2, saat ini TNI Polri manggala agni masyarakat Pemda serta perusahaan terkait di wilayah Kabupaten Tanjab Timur masi bersama-sama dibantu perusahaan terkait di wilayah Kabupaten Tanjabtim, melaksanakan pemadaman beberapat titik di wilayah Kecamatan Dendang, untuk luasa wilayah yang mengalami kebakaran ada beberapa titik yang berada di Catur Rahayu dan berada di satu perusahaan yang di perkirakan sekitar 20 sampai dengan 30 hektar,” kata Kapolres.

Ditambahkannya saat ini proses pemadaman kebakaran sedang dalam tahap pendinginan.

“Saat ini proses pendinginan ada di beberapa titik dilakukan pendinginan sepeti di Desa catur Rahayu dan Desa Jati Mulyo dan saat ini ada beberapa titik yang hotspotnya masih tinggi,” tambahnya.

Adapun untuk pelibatan perkuatan, dijelaskan Kapolres mereka mendapatkan tambahan personil sebanyak masing-masing 50 personil dari Polda dan Korem.

Sementara itu, Dandim 0419/Tanjab, Letkol Inf M Arry Yudistira menambahkan terdapat dua desa di Kecamatan Dendang yang terdampak kebakaran dan kami mendatangkan alat pemadam kebakaran dari beberapa kecamatan lain untuk memedamkan kebakaran tersebut.

“Untuk wilayah Tanjabtim saat ini yang ada di wilayah Kecamatan Dendang pada Desa Jati Mulyo dan Catur Rahayu, personil yang di turunkan sebanyak 250 orang TNI POLRI Masyarakat pihak perusahaan dan Damkar, kitapun sudah menggunakan berbagai macam alat baik alat berat maupub mesin-mesin pemadam kecil yang kami datangkan dari beberapa kecamatan lain,” kata Dandim(mrg)

LEAVE A REPLY