Unggah News

Info Terbarukan Tanpa Hoax

Prospek Komoditi Tebu di Jambi Cukup Menjanjikan

Jambi, UnggahNews.com – Komoditi Tebu di Provinsi Jambi sampai saat ini prospeknya cukup menjanjikan, hal ini disampaikan Kabid Pengembangan Dinas Perkebunan Provinsi Jambi, Panca Pria menyampaikan keawak media, Sabtu (11/1/2020).

Dia mengatakan, untuk kegiatan pengembangan tanaman tebu di Provinsi Jambi dilaksanakan di Kabupaten Kerinci.

“Saat ini Provinsi Jambi mempunyai sekitar 1.650 hektare yang diberdayakan sejak 60 tahun lalu, di Kecamatan Kayu Aro Kabupaten Kerinci,”Katanya.

Adapun pengembangan tanaman tebu terdiri dari dua kegiatan yakni perluasan dan intensifikasi, kedua kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan produksi tebu dan rendemen.

“Salah satu tujuannya mendukung  tujuan nasional kegiatan pengembangan tanaman tebu yakni swasembada gula nasional,”ujarnya.

Panca, menjelaskan berbicara prospek pendapatan petani melalui komoditi tebu cukup menjanjikan, hal ini dikarenakan dari 1 hektare terdapat 12.500 titik tumbuh. Dalam 1 titik tumbuh dipelihara 3 batang dengan berat 3 kg per batangnya.

Gula merah yang diperoleh dari 12.500 titik tumbuh tersebut, memperoleh 112.500 kg dengan harga gula merah per kg nya sebesar Rp8.000 dari hitungan.

“Pendapatan Petani dalam sebulan bisa mencapai Rp5.5 juta atau hingga Rp 6 juta,”ujarnya.(silvi) .

Copyright ©2020 UNGGAHNEWS.COM | Dev By Erlabs.net