Home / Jambi / Otomotif

Rabu, 17 November 2021 - 12:39 WIB

Pentingnya Peran Saringan Udara Motor, Jangan Sampai Luput Dari Perhatian

Jambi -Pada proses pembakaran yang terjadi di ruang pembakaran sepeda motor ada tiga unsur yang berperan penting yaitu udara, bahan bakar dan pengapian. Karenanya kondisinya harus terjaga baik agar pembakaran terjadi sempurna sehingga menghasilkan performa motor yang maksimal.

Salah satu unsur yang harus diperhatikan agar memiliki kualitas yang baik adalah udara. Untuk itu diperlukan saringan udara yang berfungsi menyaring udara yang masuk ke ruang bakar di sebuah mesin.

”Pembakaran yang sempurna di mesin dibutuhkan agar konsumen dapat menikmati performa motor yang optimal. Karenanya perlu diperhatikan komponen yang mendukung kinerja tersebut, termasuk di dalamnya adalah kualitas udara yang baik. Terkait hal itu, dibutuhkan kondisi saringan udara yang terawat dengan baik, bahkan diganti jika tidak layak digunakan lagi. Poin penting lainnya adalah menggunakan produk saringan udara yang direkomendasikan yang memiliki kualitas terpercaya dan terjamin keasliannya,” papar Agung Budi Raharja, Assistant General Manager Part Operation Division PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Saringan udara memiliki berbagai tipe diantaranya adalah :

Baca Juga :  Yamaha Got Talent Kembali Hadir, Tampung Berbagai Bakat Kaula Muda Jambi

-Tipe basah (elemen basah), material dasarnya spons yang direndam dengan oli (urethane foam). Dapat digunakan kembali setelah dicuci, perawatannya dicuci menggunakan air sabun, direndam di dalam oli (mengacu pada buku petunjuk pemilik untuk rekomendasi oli).

-Tipe kering (elemen kering), material dasarnya saringan kertas atau kain tenun (dried cloth). Dapat digunakan kembali setelah dibersihkan, perawatannya dibersihkan dengan kompresor.

-Tipe viscous (elemen kertas berlapis oli), material dasarnya kertas direndam dengan oli. Tidak disarankan pembersihan berkala dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Untuk tipe ini disarankan untuk penggantian berkala.

Indikasi masalah pada saringan udara motor :

-Konsumsi bahan bakar terasa lebih boros, penyebabnya filter tidak maksimal menyaring udara bersih yang digunakan sebagai komponen pembakaran.
-Suara mesin abnormal yang dipicu terganggunya suplai udara atau berkurangnya volume udara yang disalurkan ke ruang pembakaran di mesin motor.
-Tarikan motor terasa berat karena kondisi saringan udara yang kotor.

Maka dari itu, lakukan perawatan saringan udara motor dengan beberapa langkah berikut :

Baca Juga :  Kemendagri : Seluruh Pegawai Pemerintah Daerah Non-ASN Dapat Jaminan BPJS Ketenagakerjaan

-Lakukan service berkala secara rutin. Dengan begitu dapat dilakukan pengecekan kondisi saringan udara oleh teknisi.
-Penggantian saringan udara secara berkala dan disarankan rata-rata pemakaian setiap 12.000 km*. Penggantian dapat lebih cepat jika sering melewati jalan yang berdebu.
-Gunakan produk air filter yang direkomendasikan seperti Air Filter Yamaha Genuine Part, yang bisa diperoleh di bengkel resmi dan bengkel kepercayaan terdekat.

Air Filter Yamaha Genuine Part memiliki keunggulan diantaranya :

-Terbuat dari bahan serat halus yang tahan terhadap perubahan suhu, memiliki kerapatan pori-pori yang cukup ideal untuk menyaring kotoran, serta dilengkapi dengan minyak khusus yang berfungsi sebagai penahan dan menangkap partikel debu yang lebil kecil, sehingga filter bekerja maksimal.
-Produk dirancang presisi sesuai dengan sepeda motor Yamaha sehingga mudah di lepas-pasang.
-Mudah didapatkan di dealer resmi Yamaha dan bengkel kepercayaan Anda.

Tergantung jenis motor, kondisi jalan yang dilewati, cara pemakaian motor, cuaca yang dihadapi

 

(fry).

Share :

Baca Juga

Merangin

Bupati Merangin Ikuti Sosialiasi Perpres 87 Tentang Satgas Saber Pungli

Batanghari

Dedi Heriadi, Dirikan Sekolah Latihan Sepak Bola Bintang Muda di Muara Bulian

Otomotif

Pilihan Motor Nyaman dan Fungsional dengan Harga Terjangkau

Batanghari

Penandatanganan Kesepakatan Bersama UT dengan Pemerintah Kabupaten Batang Hari

Provinsi Jambi

Gubernur Jambi Lepas Kerintji Mountain Bike Grand Fondo

Merangin

Pemkab Merangin Gelar Sosialisasi FPK

Provinsi Jambi

Kenakan Kain Jerumat, Hj. Hesti Haris Ajak Masyarakat Untuk Cintai Produk Jambi

Sungai Penuh

Penghargaan Bendahara Pengeluaran Terbaik II (dua) Disabet Sekretariat DPRD Kota Sungai Penuh