Pemkab Tanjabtim, Imbau Panitia Qurban Tak Gunakan Kantong Plastik

0
70

Muarasabak,Unggahnews.com.7/8/2019.Dihari raya Idul Adha 1440 Hijriah tahun 2019 ini, Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) menghimbau kepada masyarakat dan panitia hewan Qurban tidak boleh menggunakan kantong plastik sekali pakai disaat membagikan hewan Qurban. Hal ini didasari oleh Surat Edaran yang diterima dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya.

Dalam Surat Edaran nomor : SE.2/PSLB3/PS/PLB.O/7/2019 tersebut menjelaskan bahwa, pelaksaan hari raya Idul Adha tanpa sampah. Artinya, Pemerintah berupaya disaat perayaan Idul Adha nanti tidak ada berpotensi meningkatnya jumlah sampah plastik bekas pembagian hewan Qurban.

Selain itu tujuannya adalah, agar dapat mengurangi dan penanganan sampah selama penyelenggaraan hari raya Idul Adha. Sehingga dapat mendukung pelaksanaan kampanye Nasional “Kendalikan Sampah Plastik”.

Oleh karenanya, dipandang perlu untuk mendorong dan melaksanakan pembagian daging Qurban tanpa kantong plastik sebagai satu wujud implementasi program pengurangan sampah melalui keterlibatan masyarakat yang diamanatkan dalam Peraturan Presiden nomor 97 tahun 2017 tentang kebijakan dan strategi Nasional pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga.

Terkait hal ini, Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Timur H Romi Hariyanto melalui Kabag Humas Setda Tanjabtim Fajar Alamsyah menghimbau dan mengajak, agar masyarakat dan panitia pembagian hewan Qurban untuk tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai.

“Artinya, masyarakat dipinta untuk membawa wadah sendiri yang dapat dipakai ulang untuk mewadahi pembagian hewan Qurban nantinya,” ajak Kabag Humas.

Ia menjelaskan, untuk alternatif wadah yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan daun pisang, daun jati, anyaman bambu atau wadah lainnya yang tersedia didaerah masing masing yang dapat digunakan ulang atau dapat dikomposkan dan tidak menimbulkan sampah plastik.

Bagi panitia hewan Qurban, tegasnya, diharapkan dapat menyediakan sarana dan pra sarana pengelolaan sampah seperti, tempat sampah terpilah dilokasi pelaksanaan pembagian daging Qurban. “Sehingga pihak panitia bisa mengumpulkan sampah dilokasi pembagian hewan Qurban tersebut,” tegasnya.(mrg)

LEAVE A REPLY