Unggah News

Info Terbarukan Tanpa Hoax

Mapala Pamsaka dan Relawan Mangrove Tanam Benih Dipesisir Pantai Kuala Tungkal

UNGGAHNEWS.COM, Tanjab Barat – MAPALA (Mahasiswa Pecinta Alam) Pamsaka STAI An-Nadwah Kuala Tungkal bersama Relawan Mangrove kembali menanam benih Mangrove di pesisir pantai kuala Tungkal. Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Bumi ini bertempat di Parit 9 kelurahan Tungkal 1, Selasa (27/04/21).

Riyono ketua Mapala Pamsaka menjelaskan saat briefing sebelum kegiatan, bahwa kegiatan ini juga rutin digelar oleh Mapala pamsaka dan relawan Mangrove yang bertujuan menjaga alam dan keberlangsungan ekosistem pesisir.

“Alhamdulillah kegiatan ini kembali kita laksanakan, tujuan kita adalah mengupayakan terjaganya alam dan ekosistem sekitar pesisir kita ini” ujarnya.

Selanjutnya, Riyono juga mengatakan alasan mengapa penanaman benih Mangrove ini selalu berada ditempat yang sama, yaitu pesisir sekitar parit 9 Tungkal 1.

“Mengapa kita selalu menanam di sini, itu karena kondisi yang terdampak dari timbunan jalan setapak yang merusak mangrove sebelumnya, sehingga abrasi dan erosi terjadi disini, dan kondisinya pun cukup memprihatinkan, itulah sebabnya mengapa kita selalu menanam di sini” jelas Riyono.

Sebagai penutup, Riyono berharap dari 120 bibit mangrove yang ditanam kali ini beberapa darinya mampu bertahan dengan kondisi alam.

“Kita sama-sama berharap, dari 120 bibit yang kita tanam paling tidak seperempat atau bahkan setengahnya mampu bertahan” tutup Riyono.

Di kesempatan yang sama, Ketua Relawan Mangrove Windi Van Holand menyampaikan pesan dalam penanaman kali ini.

“Sedikit saja pesan saya, Jika kita menjaga alam, alam pun akan menjaga kita, Salam Lestari” Singkatnya. (Hzq).

Copyright ©2020 UNGGAHNEWS.COM | Dev By Erlabs.net