Unggah News

Info Terbarukan Tanpa Hoax

Keterbatasan Blangko, 7.772 Warga Kabupaten Merangin Belum Dapat KTP elektronik. Dirjen Dukcapil : Silahkan Ambil Blangko Ke Pusat Sesuai Kebutuhan

Merangin, UnggahNews.com – Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP el) milik masyarakat yang sudah melakukan perekaman di Dinas Dukcapil Kabupaten Merangin, Propinsi Jambi sampai akhir tahun 2019 yang belum dicetak sebanyak 7.772 (Tujuh Ribu Tujuh Ratus Tujuh Puluh Dua Ribu) lembar. Adapun KTP el yang sudah dicetak sebanyak 230.494 lembar.

Belum dicetaknya KTP el menurut Kepala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Merangin, Jailani melalui Sekretaris Dinas Jonizen saat berbincang dengan awak media diruang kerjanya, Jumat (10/1/2020) disebabkan terkendala ketersediaan Blangko KTP el yang tidak mencukupi.

“Yang menjadi kendala belum tercetaknya KTP el bagi masyarakat yang sudah merekam yaitu terbatasnya Blangko KTP el,”jelas Jonizen.

Bagi masyarakat yang sudah melakukan perekaman tetapi belum dapat KTP el, menurut ia, untuk sementara diberi Surat Keterangan (Suket) sambil menunggu datangnya Blangko.

“Sesuai surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri bahwa Blangko KTP el sudah tersedia di Kemendagri. Hari Senin, (13/1) akan dijemput oleh pak Kadis ke Jakarta,”bebernya.

Untuk penduduk Kabupaten Merangin sesuai data terakhir sebanyak 341. 999 orang. Dimana wajib KTP sebanyak 232.804 orang.

“Yang sudah melakukan perekaman KTP el sebanyak 238.366 (102,39%). Sedangkan yang belum melakukan perekaman sebanyak 5.562, orang,”jelasnya.

Adapun KTP el yang belum dicetak terbanyak untuk Kecamatan Bangko sebanyak 811, Kecamatan Tabir 749, Kecamatan Margo Tabir sebanyak 725, Kecamatan Pamenang sebanyak 636 dan Kecamatan Tabir Selatan sebanyak 568 lembar.

“KTP el yang belum tercetak dengan jumlah terkecil Kecamatan Tiang Pumpung sebanyak 74 lembar. Sedangkan kecamatan lainya jumlahnya di bawah 500 lembar,”kata Jonizen.

Persoalan ketersediaan Blangko KTP el mendapat tanggapan dari Direktur Jendral Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri Prof.Dr. Zudan Arif Fakrulloh,SH.MH menyampaikan keawak media melalui WhatsApp, untuk Blangko KTP el sudah tersedia.

“Blangko KTP el sudah tersedia, Dinas Dukcapil silahkan ambil ke Pusat sesuai kebutuhan,”pinta Dirjen Dukcapil Zudan Arif. (gas).

Copyright ©2020 UNGGAHNEWS.COM | Dev By Erlabs.net