Home / Nasional

Jumat, 3 Desember 2021 - 23:21 WIB

Kemendagri Gelar Bimtek Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD)

Jakarta – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah bersama Pusat Data dan Sistem Informasi (Pusdatin) Kemendagri menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD).

Bimtek angkatan I tersebut dilakukan dalam rangka mengimplementasikan modul penatausahaan dan akuntansi pelaporan pada SIPD.

Acara digelar selama 3 hari mulai Senin–Rabu, 29 November hingga 1 Desember 2021, di Ruang Rapat Gedung F Lantai 3 Kemendagri.

Turut hadir pada agenda tersebut, sejumlah pejabat di lingkungan Kemendagri meliputi, Kapusdatin Kemendagri, Sekretaris Ditjen Bina Keuda, para Direktur di lingkungan Ditjen Bina Keuda dan Tim Teknis SIPD.

Dalam paparannya, Plh. Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Agus Fatoni mengatakan Bimtek SIPD digelar sebagai implementasi Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 70 Tahun 2019 tentang SIPD.

Baca Juga :  Sebanyak 306 Pejabat Struktural Sulsel Dilantik Jadi Pejabat Fungsional, Kemendagri Beri Apresiasi

Dalam Bimtek ini, Tim Teknis SIPD mendampingi sekaligus melakukan asistensi kepada 68 peserta dari perwakilan sejumlah daerah yang telah mengimplementasikan modul penatausahaan SIPD dalam pengelolaan APBD Tahun Anggaran 2021.

Adapun daerah-daerah itu di antaranya, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Bali, Kabupaten Lingga, Minahasa, Raja Ampat, Bantaeng, Konawe Utara, Serdang Bedagai, Sarolangun, Nganjuk, Takalar, Kota Semarang, dan Tebing Tinggi.

“Kami mengapresiasi atas partisipasi dan atensi dari para peserta. Untuk itu kami memberikan piagam penghargaan pada setiap yang hadir,” terang Fatoni.

Ia mengimbuhkan, pada Bimtek tersebut Tim Teknis SIPD memberikan sejumlah penjelasan mengenai penerapan SIPD. Yakni, mengenai alur pengaturan umum modul penatausahaan dan mekanisme Uang Persediaan (UP)/Ganti Uang (GU) dalam SIPD.

Baca Juga :  Balapan Perdana di Mandalika, 6 Pebalap Astra Honda Bertekad Banggakan Bangsa

Selain itu, dalam acara yang sama dipaparkan pula mengenai mekanisme Tambahan Uang Persediaan (TUP) dan Langsung (LS) non gaji, mekanisme LS gaji, penatausahaan pendapatan, serta akuntansi pelaporan.

“Berbagai materi tersebut diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada para peserta mengenai penerapan SIPD yang baik dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Bimtek SIPD lanjutan (Angkatan II) akan digelar pada tanggal 6-8 Desember 2021. Rencananya, Bimtek tersebut akan mengundang sejumlah peserta dari 14 daerah yang meliputi Provinsi, Kabupaten, dan Kota. Bimtek sendiri akan diselenggarakan bertempat di Gedung F Lt. 3 Kemendagri. (gas).

Berita ini 3 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Nasional

Peringati Hari Ibu, TP PKK bersama Menteri PPPA dan  Organisasi Perempuan Ziarah ke TMP Kalibata

Nasional

Dukung Pengembangan Mandalika dan Ajang MotoGP, Kementerian PUPR Bangun Sarana Hunian Pariwisata

Nasional

Mendagri Minta Daerah Percepat Realisasi Belanja APBD Tahun 2021
Lapor

KPK

18 Persen BUMD Lapor LHKPN

KPK

KPK Dorong Komitmen para Pemangku Regulasi Pendidikan Antikorupsi

KPK

KPK Tangkap Tangan Bupati Kuansing Riau

Nasional

Lahan Sawah 45 Ha Terdampak Banjir di Kabupaten Batu Bara 

Nasional

Jaksa Agung Resmikan Tim Insiden Siber (CSIRT)