Kabupaten Tanjabtim Ikuti Lomba Olahraga Tradisonal di GOR BSC Muara Bulian

0
119

MUARA SABAK — Ratusan peserta seluruh kabupaten/ kota se Provinsi Jambi mengikuti lomba olahraga tradisional yang digelar Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Propinsi Jambi.(13/9).

Melalui kegiatan ini, para peserta diharapkan dapat mengenalkan permainan asli dari Indonesia.
Kepala bidang Olahraga Disdikpora Tanjab Timur BOY saat di konfirmasi di ruang kerjanya mengatakan perlombaan yang mengikut sertakan tiga cabang olahraga tradisional itu diharapkan dapat menumbuhkan minat para peserta Serta masyarakat dan anak anak pada permainan yang pernah ada sejak zaman dahulu kala.

“Kita ingin kenalkan. Ini lah permainan zaman dulu ada permainan tradisional yang bisa dimainkan dengan menyenangkan,” tuturnya.

Olahraga tradisional yang dilombakan kali ini yakni Egrang, Bakiak/ terompah panjang dan perlombaan hadang. Acara di laksanakan pada tanggal 13-15 september2019 kemarin. Di Gor BSC Muara bulian kabupaten Batang hari.

Masing-masing permainan melombakan untuk kategori putra dan putri.

Kepada para juara, akan mendapatkan hadiah, berupa piala, uang pembinaan dan sertifikat.

Adapun, tujuan dari lomba ini, menurut BOY untuk melestarikan budaya permainan tradisional agar anak anak sekarang bisa memperkenalkan olahraga tradisional yang sudah hampir dilupakan.

“Anak-anak zaman sekarang kan suka main gadget. Kita coba kenalkan kembali permainan tradisional yang pernah ada,” tuturnya.

Selain itu, lanjut tujuan dari perlombaan olahraga tradisional ini juga sebagai upaya ikut serta dalam memeriahkan hari olah raga Nasional yang dilaksanakan oleh dinas pariwisata Provinsi Jambi.

“Jadi kita sinergitas antar OPD (organisasi perangkat daerah), antara Dinas pendidikan dan Dinas pariwisata,” jelas dia. (Mrg).

LEAVE A REPLY