Unggah News

Info Terbarukan Tanpa Hoax

Kabag Kesra : Kepulangan Jamaah Umroh Asal Merangin Naik Kapal Laut Dari Malaysia Ke Dumai

Merangin,UnggahNews.Com – Rombongan Jamaah Umroh asal Kabupaten Merangin dari pegawai Syara’ dan guru mengaji sebanyak 78 orang yang menunaikan ibadah Umroh ke Tanah Suci Mekah kepulangannya ke tanah air juga ada masalah.

Sebelumnya saat berangkat sempat terlantar akibat tertunda keberangkatannya gara-gara Tiket belum tersedia dari Biro agen/travel perjalanan.

Menurut keterangan dari Kabag Kesra Setda Kabupaten Metangin H.Abdul Aziz saat dikonfirmasi UnggahNews.com lewat WhatsApp pribadinya mengatakan jamaah sedia akan berangkat pulang dari Madinah ke tanah air tanggal, 3 Januari 2020 menuju Padang, akan tetapi tiket kepulangan diboking oleh pihak travel/agen tanggal, 6 Januari 2020.

“Sesuai informasi yang saya peroleh dari pihak travel/agen jamaah akan berangkat hari ini, Senin (6/1) sekira pukul 18.00 waktu Jeddah menuju Malaysia,”jelas H. Abdul Aziz.

Menurut ia, jamaah umroh setelah tiba di Malaysia akan naik kapal laut menuju Dumai dan selanjutnya akan pulang ke Merangin naik Bus.

Saat disinggung alasan mengapa jamaah pulang naik kapal laut, dirinya tidak mengetahui persis penyebabnya karena semua menjadi urusan dan tanggung jawab pihak Travel/agen Biro perjalanan umroh.

“Untuk penyebabnya saya tidak tahu, kemungkinan karena biaya. Tanggung jawab saya hanya sebatas menstranfer uang ke rekening jamaah lewat Bank,”ujarnya.

Rombongan jamaah umroh asal Kabupaten Merangin terdiri dari 60 laki-laki dan 18 perempuan keberangkatannya yang dilepas langsung oleh Bupati Merangin H. Al Haris pada hari Senin (16/12/2019), tahun lalu dari Masjid Baitul Makmur Sungai Misang Bangko.

Abdul Aziz menjelaskan bahwa jamaah umroh tersebut merupakan rombongan dari pegawai syara’ dan guru mengaji yang dapat penghargaan dari Pemda Merangin atas pengabdiannya selama ini.

Untuk satu orang dianggarkan melalui APBD Kabupaten Merangin Tahun 2019 setiap orang diberikan penghargaan berupa uang tunai sebesar Rp. 28.500.000,-

Kepada UnggahNews.com, Abdul Azis menyampaikan kasus ini semoga menjadi pelajaran bersama dan berdoa mudah-mudahan seluruh jamaah pulang ke tanah air dengan selamat dan bisa berkumpul kembali dengan keluarganya di Merangin

Adapun polemik tentang siapa yang bertanggungjawab menurut ia, semua merupakan tanggung jawab pihak Biro Perjalanan dan Travel.

Ia berharap kasus ini jangan sampai terjadi lagi dan menjadi pelajaran berharga bagi calon jamaah dan Biro perjalan lainnya.

“Manusia hanya bisa berkehendak dan ujungnya semua Alloh SWT yang menentukan. Mari kita doakan semoga rombongan jamaah bisa pulang dengan selamat,”imbuhnya. (gas).

Copyright ©2020 UNGGAHNEWS.COM | Dev By Erlabs.net