Unggah News

Info Terbarukan Tanpa Hoax

Ini Penjelasan Kepala BPKAD Merangin Terkait DAU Bulan April Yang Belum Ditransfer Dari Pemerintah Pusat

Photo : Ir.Fajarman M.Sc Kepala BPKAD Kabupaten Merangin

Merangin – Terkait Dana Alokasi Umum  (DAU)  Bulan April  2021 Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi yang belum di transfer dari Pemerintah Pusat lebih kurang sebesar Rp. 56 Milyar mendapat penjelasan dari Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Dan Asset Daerah (BPKAD) Kabupaten Merangin Ir. Fajarman, M.Sc.

Kepada UnggahNews.com, ia menjelaskan sesuai persyaratan yang ditetapkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor
17/PMK.07/2021 tentang Pengelolaan Transfer ke Daerah dan Dana Desa, untuk Kabupaten Merangin masih ada 1 (satu) syarat yang sedang di selesaikan yaitu Refocusing anggaran sebesar 8% lebih kurang sebesar Rp. 72 Milyar untuk mendukung vaksinasi Covid-19.

“InsyaAlloh, pertengahan bulan April 2021 ini, refocusing 8% yang ditentukan oleh pemerintah pusat sudah selesai,”jelas Fajarman menyampaikan keawak media, Kamis (8/4/2021) di ruang kerjanya.

Untuk refocusing anggaran sebesar 8% lebih kurang Rp. 72 Milyar, dirinya mengajukan usul kepada Bupati Merangin hanya 3 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang anggarannya  dipinjam sementara dalam mendukung program vaksinasi Covid-19.

Lanjut ia, dasar pertimbangan hanya 3 OPD yang diusulkan anggarannya dipinjam untuk memenuhi Refocusing sebesar 8%  agar tidak menimbulkan keresahan di OPD lainnya yang anggarannya kecil karena sudah banyak di pangkas untuk penanganan Covid-19.

“Hari ini, Kamis malam (8/4) rencana akan rapat bersama Bupati Merangin untuk membahas refocusing anggaran sebesar 8% dengan harapan bisa tuntas,”harapnya

Fajarman juga menyampaikan dana refocusing 8% sifatnya dana bantuan untuk keperluan vaksin Covid-19. Apabila nantinya tidak terpakai akan segera dikembalikan ke masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Sebelumnya Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Mochamad Ardian saat di konfirmasi UnggahNews.com mengenai persoalan transfer Dana Alokasi Umum (DAU) bulan April 2021 memberi penjelasan yaitu untuk syarat pencairan dana DAU harus memenuhi syarat seperti yang ditentukan di Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 17/PMK.07/2021.

Mochamad Ardian menjelaskan ada 3 (tiga) yang menjadi syarat penyaluran Dana Alokasi Umum (DAU) bulan April 2021 yang harus dilengkapi yaitu Laporan Realisasi Dukungan Pemulihan Ekonomi Daerah, Laporan Realisasi Dukungan Belanja Kesehatan dan Surat Pernyataan Kepala Daerah. (gas).

 

Copyright ©2020 UNGGAHNEWS.COM | Dev By Erlabs.net