Unggah News

Info Terbarukan Tanpa Hoax

Indonesia Gagal Berangkatkan Jamaah Berhaji, Natalius Pigai Akan Gugat Ke Mahkamah Agung

Jakarta – Terkait pengumuman resmi Menteri Agama (Menag) Yaqut Kholil Qoumas tentang pembatalan keberangkat jamaah haji Indonesia tahun 1442 H atau Tahun 2021M mendapat respon dari Natalius Pigai bahwa dirinya akan mengajukan gugatan ke Mahkamah Agung (MA).

Informasi tersebut disampaikan Natalius Pigai kepada para wartawan melalui rilisnya, Jumat (4/6/2021).

Menurut mantan anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), negara dinilai gagal menghormati kebutuhan hak asasi umat Islam, melindungi hak asasi umat Islam, dan melindungi kebutuhan beribadah umat Islam menunaikan ibadah haji.

“Saya mengecam keras keputusan pemerintah membatalkan keberangkan jamaah haji Indonesia untuk kedua kalinya ini,”tegas Natalius Pigai.

Lanjut ia, sebab ibadah haji merupakan salah satu kebutuhan hidup dari umat Islam. Negara gagal menjalankan kewajiban sesuai amanat konstitusi hukum dan HAM nasional dan internasional.

Dikatakan oleh Pigai, untuk melaksanakan kewajiban ibadah haji, umat Islam telah berjuang dengan segala daya dan upaya untuk mencari dan menabung uang selama berpuluh tahun.

“Untuk memastikan kewajibannya berhaji dapat terlaksana, terutama yang sudah berusia lanjut dan masuk katagori kelompok rentan. Maka atas nama kemanusian, saya dan teman-teman memiliki komitmen yang kuat untuk menggugat keputusan pemerintah ke Mahkamah Agung,”katanya.

Ditegaskan Natalius Pigai, sekitar lebih dari seratus pengacara ternama dari berbagai latar belakang agama telah siap menyatakan kesanggupan untuk bersama-sama menggugat masalah pembatalan haji ini.

“Sejumlah ulama kondang juga akan memberikan pendapat ahli dari sisi hukum, HAM, keadilan dan syariat Islam,”imbuhnya.

Diketahui kegagalan berangkat haji adalah yang kedua kalinya dimana Indonesia gagal memberangkatkan haji saat pandemi Covid 19.

Natalius menyatakan akan menggugat keputusan Menteri Agama tersebut ke Mahkamah Agung dan dirinya juga sedang menunggu pengaduan dari umat Islam yang sudah membayar lunas biaya perjalan haji. (gas).

 

Copyright ©2020 UNGGAHNEWS.COM | Dev By Erlabs.net