Unggah News

Info Terbarukan Tanpa Hoax

Indeks Tendensi Konsumen (ITK) Provinsi Jambi Triwulan IV-2019 Sebesar 108,09%

Jambi,UnggahNews.com – Indeks tendesi konsumen (ITK) pada Provinsi Jambi pada triwilan ke IV-2019 sebesar 108,09% artinya proyeksi terhadap perekonomian triwulan IV 2019 relatif baik dan optimis.

Terkait Dengan Pertumbuhan Ekonomi di Jambi secara Keseluruhan Di Triwulan IV tumbun 3,59%, Dari Kwartal to Kwartal, tetapi secara keseluruhan secara komulatif triwulan I Sampai dengan triwulan IV tahun 2019, Sekitar Tumbunya 4,4%,

Drs.wahyudin mengatakan pertumbuhan tersebut tetap meningkat tetapi melambat ditahun sebelumnya, tahun sebelumnya tumbuh pada 4,74%, sebelumnya lagi ditahun 2017 tumbuh pada 4,40% tumbuh melambat tapi positif beda dengan tahun sebelumnya,
melambat itu disebabkab beberapa komiditi kita yang mengalami penurunan harga, seperti batu bara, karet sehingga petani- karet sudah banyak beralih mereka mulai dari kelapa sawit, kelapa sawit karna tumbuhnya positif harganya, san utu sangat berpengaruh emosional para petan.

“Sektor pertanian yang paling besar sharenya itu 27% disudut ekonomi, pertumbahnnya sangat kecil .kalau pertumbuhannya besar otomatis sangat berpengaruh juga pada masyarakat di sektor pertanian,”jelasnya.

Dari virus corona di china tidak ada dampak ekspor dan impor, karena yang kita ekspor umumnya adalah batubara, karet, komiditi-komuditi yang tidak ada hubungannya dengan virus tersebut, karena virus itu kaitannya dengan china, sedangkan kita mengekspornya lebih ke India.

Kemungkinan ditahun- tahun berikutnya tidak akan merilis angka itu,dari kegiatan pendataan sekrang di triwulan IV ditahun 2019 dsitu juga ada pertanyaan terkait ekonomi masyrakat ditriwulan I.

“Jadi perekonomian saat ini masih optimis karena nilainya 107
dan ada juga merilis angka detinisi bisnis di provinsi, tetapi masih belum karena sampel kita masih kecil,”pungkasnya (silvi)

Copyright ©2020 UNGGAHNEWS.COM | Dev By Erlabs.net