Unggah News

Info Terbarukan Tanpa Hoax

Gaji Ke-13 ASN Kabupaten Merangin Dana Belum Masuk Ke Kas Daerah, Ini Penjelasan Dari DJPK

Merangin – Gaji ke-13 tahun 2021 yang ditunggu-tunggu pencairannanya oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi sampai hari ini, Selasa (8/6/2021) dananya belum tersedia di kas umum daerah Merangin.

Informasi tersebut disampaikan Kepala Badan Pengelola Keuangan Asset Daerah (BPKAD) Ir. Fajarman melalui Kabid Berbendaharaan Darhimah keawak media, Selasa (8/6/2021) diruang kerjanya.

“Dana gaji ke-13 ASN Merangin tahun 2021 belum di transfer ke rekening umum kas daerah Merangin,” jelas Darhimah.

Adapun jumlah dana menurut ia, sebesar lebih kurang Rp. 26,5 milyar untuk ASN, Bupati dan Wakil Bupati serta Pimpinan dan anggota DPRD Merangin.

Lanjut Darimah untuk semua persyaratan dan kelengkapan administrasi proses pencairan gaji ke 13 bersumber dari  Dana Alokasi Umum (DAU) sudah dikirim ke Kementerian Keuangan RI dan apibila dana sudah tersedia instansinya akan segera mencairkan.

Terkait informasi tersebut awak media mengkonfirmasi langsung ke Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan Republik Indonesia melalui WhatsApp mendapat penjelasnya bahwa DAU bulan Juni untuk Kabupaten Merangin sedang dalam proses untuk disalurkan.

“Dapat kami informasikan bahwa tidak ada DAU khusus yang diperuntukan bagi Gaji Ketiga Belas. Adapun DAU bulan Juni untuk Kabupaten Merangin sedang dalam proses untuk disalurkan,”jelas Kepala Subbagian Manajemen Strategi Komunikasi dan Layanan Informasi Publik DJPK, Alit Ayu Meinarsari menyampaikan ke awak media, Selasa siang (8/6/2021).

Ditambahkan oleh ia, bahwa syarat penyaluran DAU serta batas waktu penyampaiannya telah diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 233/PMK.07/2020 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 139/PMK.07/2019 tentang Pengelolaan Dana Bagi Hasil, Dana Alokasi Umum, dan Dana Otonomi Khusus serta Peraturan Menteri Keuangan Nomor 17/PMK.07/2021 tentang Pengelolaan Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun Anggaran 2021 dalam rangka Mendukung Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan Dampaknya.

“Data dan informasi mengenai Transfer ke Daerah dan Dana Desa telah dipublikasikan pada website DJPK. Sementara permintaan data lainnya, silakan mengirimkan surat secara resmi,”imbuhnya

Dijelaskan juga sebagai informasi, Untuk penyaluran dari RKUN ke RKUD membutuhkan waktu serta melibatkan beberapa unit. DJPK tidak memungut biaya apapun atas pelayanan yang diberikan dan tidak mempercayai informasi percaloan dan pungutan liar sehubungan pengalokasian dan penyaluran Transfer ke Daerah dan Dana Desa, Pinjaman Daerah, dan Hibah Daerah.

“Untuk menjaga integritas, diharapkan tidak menyerahkan pemberian dalam bentuk apapun kepada pejabat/pegawai DJPK,”tegasnya.

Jika ada hal lain yang ingin ditanyakan, dapat menghubungi kami nomor telepon 150420 atau email callcenter.djpk@kemenkeu.go.id pada hari kerja Senin sampai Jumat pukul 08.00-16.00 WIB. (gas).

 

Copyright ©2020 UNGGAHNEWS.COM | Dev By Erlabs.net