Unggah News

Info Terbarukan Tanpa Hoax

FKUB Tanjab Timur Gelar Rakor Sikapi Kejadiaan Minahasa Utara

Muarasabak,UnggahNews.com – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Tanjab Timur, gelar Rapat Koordinasi menyikapi pasca kejadian di Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara, Selasa (4/2) bertempat di Aula Kantor Kesbangpol Kabupaten Tanjab Timur.

 

Kegiatan tersebut dipimpin Kaban Kesbangpol, Abdul Rasyid, dan dihadiri Kapolres Tanjung Jabung Timur AKBP Deden Nurhidayatullah, Staf Ahli bidang Politik dan Hukum, Pabung 0419/Tanjung Jabung Timur Mayor Inf Marlianus Pasae, Ketua MUI, Ketua NU Kasat Intelkam Polres Tanjung Jabung Timur, Ketua FKUB , Kasi Intel Kejari Tanjab Timu, Kasat Binmas Polres Tanjab Timur, para Camat,
Anggota Banser NU, Pemuda Pancasila dan Anggota FKUB Tanjab Timur.

Dalam sambutannya Bupati Tanjung Jabung Timur diwakili oleh Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik, Drs Imron TB menyampaikan dalam rangka menyambut Pilkada serentak diharapkan masyarakat agar tidak terpancing oleh isu-isu yang dapat mengganggu situasi Kamtibmas dan mengapresiasi kinerja Polres Tanjab Timur yang telah menjaga siskamtibmas di Kabupaten Tanjab Timur.

Kapolres mengharapkan kepada masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Timur agar tidak membuat hal-hal yang mubazir seperti memposting kembali postingan yang terjadi di Minahasa Utara sehingga masyarakat belum mengetahui hal tersebut jadi terpancing.

“Terkait kasus oengerusakan rumah Ibadah di Minahasa Utara diharapkan kepada masyarakat Kabupatrn Tanjab Timur agar tidak terprovokasi dan menyerahkan sepenuhnya permasalahan kepada pihak berwajib,”harapnya.

Terkait pendirian rumah ibadah agar mengacu kepada Keputusan Bersama Kementerian Agama dan Kementerian Dalam Negeri nomor 8 dan 9 tahun 2006.

Dalam Arahan Pabung 0419/Tanjab Timur a.n Mayor Inf Marlianus Pasae menyampaikan terkait izin pendirian rumah ibadah tetap mengacu kepada Keputusan Bersama Kementerian Agama dan Kementerian Dalam Negeri serta dtetap menjaga toleransi dalam Bberibadah dan mengoptimalkan 3 Pilar ( Kepala Desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa) sebagai ujung tombak terkait permasalahan yang terjadi di masyarakat.

Ketua MUI Kabupaten Tanjab Timur
menyampaikan pesan agar cara dan aturan dalam pendirian rumah ibadah mengacu kepada Peraturan Menteri nomor 8 dan 9 tahun 2006.

“Agar tokoh lintas agama memberikan pelajaran terbaik kepasa seluruh umat beragama agar Bvertoleransi yang tinggi dalam beribadah,”ujarnya

Dalam Rakor tersebut memutuskan
pemberian izin pendirian rumah Ibadah harus sesuai dengan ketentuan peraturan bersama menteri agama dan menteri dalam negeri no 9 dan 8 tahun 2006.

Pengguna rumah ibadah yang di ajukan sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi sebaiknya dilakukan verifikasi lapangan akan kebenaran domisili ( KTP ) yang bersangkutan.
serta FKUB Tanjung Jabung Timur telah mengeluarkan 3 ( tiga ) rekomendasi izin pendirian rumah ibadah yaitu HKBP Rantau Karya, HKBP Sabak Timur,HKBP Rantau Rasau.

Perlunya penjelasan lebih lanjut kepada Camat dan Lurah / Kades tentang rekomendasi tertulis untuk izin sementara pemanfaatan bangunan gedung bukan rumah Ibadah.
terkait kejadian pengerusakan rumah Ibadah di Minahasa Utara agar seluruh komponen Pemerintahan dan masyarakat tidak terpancing untuk melakukan tindakan-tindakan melawan hukum. (mrg)

Copyright ©2020 UNGGAHNEWS.COM | Dev By Erlabs.net