Fasha Akan Terima Penghargaan Pembina Olahraga Terbaik

0
30

Jambi Unggahnews.com – Kinerja Wali Kota Jambi kembali di apresiasi pemerintah pusat. Kali ini Wali Kota Dr. H. Syarif Fasha, ME mendapat apresiasi atas kinerja gemilangnya di bidang keolahragaan. Sebagai kepala daerah, Ia dinilai sukses melakukan pembinaan olahraga di Kota Jambi.

Dia pun dinyatakan sebagai tokoh terpilih yang akan meraih Penghargaan Olahraga Nasional Berprestasi Tahun 2019, sebagai implementasi Peraturan Presiden Nomor 44 Tahun 2014 tentang Pemberian Penghargaan Olahraga.

Demikian disampaikan Juru Bicara Pemerintah Kota Jambi Abu Bakar, di ruang kerjanya, Rabu (4/9).

Abu Bakar menambahkan, penghargaan bergengsi dibidang olahraga tersebut akan di anugerahi oleh Presiden RI Jokowidodo pada saat puncak Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) ke XXXVL tahun 2019 di Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan.

“Ini apresiasi pemerintah pusat atas kinerja terbaik bapak Wali Kota dalam pembinaan keolahragaan di Kota Jambi. Penghargaan tersebut insyaAllah akan diserahkan langsung oleh Bapak Presiden pada saat puncak HAORNAS di Banjarmasin Kalimantan Selatan,” terang Abu Bakar.

Jubir Pemkot Jambi itu menjelaskan, warga Kota Jambi patut berbangga, karena Syarif Fasha adalah satu-satunya unsur Wali Kota diantara tokoh yang akan meraih anugerah tersebut.

“Yang membanggakan kita, Bapak Wali Kota Jambi adalah satu-satunya unsur Wali Kota yang meraih anugerah tersebut diantara tokoh lainnya. Ini menjadi kebanggaan bagi kita segenap warga Kota Jambi,” tuturnya.

Acara tersebut akan berlangsung pada hari Minggu malam tanggal 8 September 2019 di Kota Banjarmasin.

“Sebagaimana undangan yang disampaikan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, acara penganugerahan tersebut akan berlangsung Minggu malam 8 September 2019 ini di Banjarmasin,” jelasnya.

Ditempat terpisah, Kadispora Kota Jambi, Moncar Widaryanto saat dimintai tanggapannya mengatakan, apresiasi tersebut adalah buah dari kebijakan pembangunan dan pembinaan keolahragaan di Kota Jambi dibawah pimpinan Wali Kota Jambi Syarif Fasha.

“Ini buah dari kerja cerdas beliau (Syarif Fasha-red) dalam bentuk kebijakan anggaran dan berbagai pola pembinaan yang terencana dan terukur yang telah berjalan dengan baik selama ini,” terang Moncar melalui telpon selulernya.

Menurut Moncar, pembinaan yang dilakukan selama ini memberikan dampak positif bagi prestasi atlet di Kota Jambi. Setidaknya hal itu ditunjukkan dengan prestasi gemilang atlet-atlet Kota Jambi pada ajang Pekan Olahraga Provinsi Jambi (Porprov) beberapa waktu lalu.

“Apresiasi dan kepedulian pak Wali tidak hanya dalam pembangunan sarana olahraga, pembinaan dan pemberian bonus atas prestasi atlet, namun beliau juga memperhatikan masa depan para atletnya, seperti memberikan kebijakan prioritas dalam berbagai hal kepada para atlet Jambi, termasuk dengan memberikan kesempatan bagi atlet berprestasi bekerja sebagai tenaga kontrak di Pemerintah Kota Jambi,” ungkap Moncar.

Sebagaimana diketahui, sejak diawaki Wali Kota Syarif Fasha, program pembangunan dan pembinaan keolahragaan di Kota Jambi patut diacungi jempol.

Tidak hanya mengalokasikan kebijakan anggaran yang proporsional, namun Fasha juga rutin menggelar pertemuan dengan para atlet, pelatih dan official. Seperti melakukan pembinaan secara langsung, memberikan bonus, bahkan menggelar jamuan khusus bagi para pejuang olahraga tersebut.

Baru-baru ini Fasha menggelar pertemuan dengan para atlet dayung Kota Jambi yang akan berlaga di kancah internasional. Fasha merasa bangga dengan prestasi olahraga dayung tersebut. Ia menggelar jamuan khusus, menyampaikan arahan sekaligus memberikan bantuan uang saku secara langsung kepada para atlet dayung Kota Jambi yang mewakili Indonesia pada ajang Kejuaraan Internasional Perahu Naga di Provinsi Guang Xi, China.

Tekad Fasha ingin menjadikan olahraga dayung sebagai olahraga andalan Jambi memang tidak main-main. Bahkan, Ia seringkali mengungkapkan ambisinya untuk menjadikan Jambi sebagai ikon nasional pencetak atlet berprestasi cabang olahraga dayung.

“Kita ingin, ketika bicara dayung, ingatan orang langsung ke Jambi,” ungkapnya dalam satu kesempatan.

Keinginan tersebut bukan tanpa alasan dan sangat realistis, karena Kota Jambi diuntungkan dengan kondisi geografis yang dibelah sungai besar Batanghari serta dianugerahi Danau Sipin yang sangat potensial sebagai tempat pembinaan dan menempa atlet olahraga prestasi dayung di Kota Jambi.

Semangat itu, mulai ditunjukkan Fasha dikala dirinya mulai membangun mimpi masyarakat, dengan mewujudkan Danau Sipin menjadi lokasi wisata dan pusat olahraga dayung di Kota Jambi.

Komitmen dan determinasi Wali Kota Syarif Fasha dalam pembinaan dan memajukan olahraga dayung pun tidak perlu diragukan lagi. Ditangan dingin Fasha, pembenahan Danau Sipin itu akhirnya membuahkan hasil. Selain sukses membenahi Danau Sipin sebagai pusat pembinaan olahraga dayung, ditempat itu pun kini laris digelar berbagai event dayung, baik lokal maupun nasional. Setelah menjadi saksi suksesnya perhelatan lomba pacu perahu dalam rangka HUT Kota Jambi pada Juni lalu, dua event nasional pun sukses digelar di danau kebanggan masyarakat Jambi tersebut, yaitu Kejuaraan nasional Dayung Antar PPLP/PPLPD/SKO Provinsi Jambi Tahun 2019 dan Kejuaraan Nasional Dayung Junior dan U-15.(*/CN)

LEAVE A REPLY