Unggah News

Info Terbarukan Tanpa Hoax

DAU Bulan April Kabupaten Merangin Belum Ditransfer, Dirjen Bina Keuangan : Syarat Pencairan Harus Terpenuhi Sesuai PMK Nomor 17 Tahun 2021

Merangin – Dana Alokasi Umum (DAU) untuk Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi bulan April 2021 yang ditunggu pencairannya  belum ada di transfer dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Informasi tersebut disampaikan Kepala Badan Pengelola Keuangan Asset Daerah (BPKAD) Kabupaten Merangin Ir. Fajarman melalui Kabid Berbendaharaan Darhimah menyampaikan keawak media, Selasa (6/4/2021) diruang kerjanya.

“Benar, Dana DAU Bulan April 2021 untuk Kabupaten Merangin sampai hari ini, Selasa (6/4) belum di transfer dari Kemenkeu. Untuk besarnnya tiap bulan lebih kurang Rp. 56 Milyar,”jelasnya.

Menurut ia, untuk dana DAU biasanya di tranfer dari Kementerian Keuangan ke daerah setiap bulannya paling lambat setiap tanggal 31 atau akhir bulan.

Adapun akibat belum tersedianya dana DAU di kas daerah berpengaruh kepada pembayaran gaji ASN dan pembayaran kegiatan lainnya.

Direktur Jenderal  Bina Keuangan Daerah Kemendagri Mochamad Ardian saat di konfirmasi UnggahNews.com memberi penjelasan yaitu untuk syarat pencairan DAU harus memenuhi syarat seperti yang ditentukan di Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 17/PMK.07/2021 tentang Pengelolaan Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun Anggaran 2021.

“Untuk syarat pencairan DAU Tahun 2021 sepanjang seluruh daerah mengikuti ketentuan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 17 tidak ada persoalan,”
jelas Mochamad Ardian menyampaikan ke awak media melalui WhatsApp.

Lanjut Mochamad Ardian ada 3 dokumen yang menjadi syarat penyaluran Dana Alokasi Umum (DAU) bulan April 2021 yaitu Laporan Realisasi Dukungan Pemulihan Ekonomi Daerah, Laporan Realisasi Dukungan Belanja Kesehatan dan Surat Pernyataan Kepala Daerah.

Dimana menurut ia, laporan itu akan menjadi syarat penyaluran Dana Alokasi Umum (DAU) setiap bulan, maka dari itu agar laporannya dipersiapkan oleh Pemerintah Daerah agar DAU bisa disalurkan tepat waktu.

“Kepada seluruh Pemda agar mengikuti PMK nomor 17/PMK.07/2021 untuk menjadikan pedoman penyaluran DAU agar tepat waktu,”tegasnya. (gas).

Copyright ©2020 UNGGAHNEWS.COM | Dev By Erlabs.net