Unggah News

Info Terbarukan Tanpa Hoax

Cegah Penyelewengan, Inspektorat Kabupaten Merangin Tingkatkan Pengawasan

Merangin – Sesuai tugas pokok Inspektorat adalah membantu Bupati membina dan mengawasi pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan oleh perangkat daerah agar roda pemerintahan berjalan efektif, efesien, bebas dari KKN, nepotisme dan dari tindak penyelewengan, Inspektorat Kabupaten Merangin tingkatkan pengawasan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Inspektorat Kabupaten Merangin Drs Hatam Tafsir MM kepada awak media, Kamis (27/5/2021) yang lalu diruang kerjanya.

“Cegah tindak penyelewengan, Inspektorat Merangin tingkatkan pengawasan baik pengawasan internal dan eksternal,”kata Hatam Tafsir.

Adapun pengawasan yang dilakukan yaitu terhadap kinerja dan keuangan melalui audit, reviu, evaluasi, pemantauan, dan kegiatan pengawasan lainnya.

Lanjut ia, dengan meningkatkan pengawasan diharapkan bisa meningkatkan kinerja Aparatur Sipil Negara khususnya dan Organisasi Perangkat Daerah pada umumnya agar tercipta birokrasi yang mumpuni dalam menjalankan tugas pokok serta melayani masyarakat.

Selain meningkatkan pengawasan sesuai dengan penegasan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk
mengawal Pengadaan Barang dan Jasa, Inspektorat Merangin juga mengoptimalkan
Aparat Pengawas Internal Pemerintah atau Pengawas internal (APIP) pada institusi lain, yang merupakan unit organisasi di lingkungan Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Kementerian Negara, Lembaga Negara dan Lembaga Pemerintah Non Departemen.

“Tugas penting APIP dalam mengawal pimpinan, mengawal SKPD dalam rangka pengadaan barang dan jasa, disamping assurance, monitoring dan evaluasi, serta memberikan bimbingan kepada mitra kerja,”imbuhnya. (gas).

 

Copyright ©2020 UNGGAHNEWS.COM | Dev By Erlabs.net