Unggah News

Info Terbarukan Tanpa Hoax

Bupati Tanjab Timur Grand Lounching Pendataan Keluarga Tahun 2021

UNGGAHNEWS.COM – Bupati Tanjab Timur H. Romi Haryanto Grand Lounching menjadi orang pertama yang didata untuk Pendataan Keluarga 2021 (PK 2021).dengan di dampingi Istri tercinta Hj. Wirdayanti Romi. Kamis (1/4/21).

Pendataan yang digelar 1 April hingga 31 Mei itu, dimulai secara simbolis di Rumah Dinas Bupati Tanjung Jabung Timur.

Beberapa pertanyaan dari tim pendata yang dilakoni kader Keluarga Berencana (KB), dijawab tuntas Romi dan Wirdayanti . Jawaban atas pertanyaan petugas pendata tersebut, langsung diinput melalui aplikasi smartphone yang sudah ditetapkan BKKBN Pusat.

Pada kesempatan itu, H. Romi Haryanto mengimbau masyarakat yang didatangi petugas pendata dan memberikan keterangan yang sebenarnya sesuai dengan kondisi yang ada dan saya Romi Haryanto mendukung Program Pemerintah Pendataan Keluarga 2021.(PK2021).

“Keluarga adalah bagian fundamental dalam masyarakat, agama dan negara. Negara menjamin dan melindungi setiap warganya untuk mendapatkan haknya. Pendataan keluarga ini dilakukan dalam upaya melindungi dan memenuhi hak tiap warga negara, termasuk keluarga, ”

Kadis DPPKB Barusman S. Sos. Mengatakan saat di konfirmasi media PK 2021 penting dilakukan Selain pendataan juga dilakukan untuk melihat potensi dan pengawasan keluarga Indonesia dalam fungsi vital di bidang kesehatan, pendidikan, serta ekonomi.

“Pendataan ini dilakukan untuk validasi data sebagai dasar bagi pemerintah dalam pelaksanaan peningkatan dan pemerataan pembangunan, serta kesejahteraan masyarakat. Pembangunan dimulai dari perencanaan yang baik, dan perencanaan yang baik berdasarkan data yang akurat, ”kata Barusman.

Sementara itu Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan (DPPKB), Barusman menambahkan, PK 2021 akan menghasilkan data mikro keluarga secara dengan nama, dengan alamat sebagai penyediaan data atau dasar dalam perencanaan dan pemerataan pembangunan .

“PK 2021 menjadi sesuatu yang penting bagi pemerintah dalam menyediakan data dasar keluarga untuk intervensi Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, Keluarga Berencana, dan program pembangunan lainnya,” paparnya.

Pendataan keluarga dilakukan serentak setiap lima tahun sekali melalui kunjungan ke keluarga dari rumah ke rumah. BKKBN melakukan pendataan keluarga sebagai amanat UU 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga dan Peraturan Pemerintah (PP) No 87 tentang Perkembangan Kependudukan, Pembangunan Keluarga, Keluarga Berencana, dan Sistem Informasi Keluarga.(Mrg).

Copyright ©2020 UNGGAHNEWS.COM | Dev By Erlabs.net