Bercocok Tanam Semangka di Lahan Gambut, Danang Petani Asal Medan Ini Berhasil

0
49

Unggahnews.com, Muara Sabak – Untuk mengembangkan dan meningkatkan sektor perekonomian dari pertanian, masyarakat Desa Sidomukti Kecamatan Dendang memberdayakan lahan dengan membudidayakan tanaman semangka.

semangka jenis jupe dan Amara semangka jenis ini saat ini di tanam petani asal medan ini, yang bagus dan manis semangka non biji ialah yang jenis jupe

Menurut keterangan Danang warga Desa Sidomukti kecamatan Dendang kepada media Mengatakan dalam penanaman hampir 1 Hektare semangka bisa menghasilkan sekitar10 ton jika tanaman semangka dirawat dengan baik dan rutin. Perawatan meliputi pola tanam penyemaian, pemupukan dan perawatan dengan rajin menyirami tanaman secara rutin hingga masa panen. Danang yang sudah menekuni bercocok tanam semangka selama semusim ini menambahkan, harga jual semangka tembus Rp 5000/kg jelasnya.

Kabid Hortikultura Safura Asnawi didampingi petani semangka Danang ketika dikonfirmasi di lokasi panen semangka mengatakan, tujuan saya menanam semangka selain untuk menabah ekonomi dan saya ingin memberitau kepada warga di sekeliling bahwa lahan gambut bisa juga untuk di tanami semangka dan tumbuhan yang lain seperti melon cabai dan.lain sebagainya.

Lebih lanjut, Kabid Hortikultura menjelaskan bahwa masyarakat dapat memanfaatkan lahan mereka yang kosong untuk bercocok tanam semangka, selain mudah dan cepat panen.
Dengan demikian, maka perekonomian masyarakat dapat lebih meningkat, karena tidak ada lahan yang teronggok percuma. Dan kami dari dinas pertanian siap membantu petani agar memiliki buah semangka super.

“Jumlah areal yang ditanami semangka oleh pak Danang hanya hampir 1 hektare , dan saat ini ianya sudah panen sekitar 5 ton, yang belum di panen ada sekitar 4 samapi 5 ton lagi ucapnya,
Kalau hama saat di tanya media Danang mengatakan Penyakit kresek yang membuat daun menguning dan cepat layu. Untungnya cepat ditangani dengan menyemprotkan pestisida dan insektisida hingga tidak merambat pada tanaman semangka yang lain. Kendala yang saya hadapi sekarang masalah pembeliaan pupuk, saya mohon kepada pihak pemerintah agar mau kiranya membantu menyediakan pupuk dan bibit yang baik seperti saya katakan, bibit yang baik itu namanya jupe itu jenis semangka yang berkhualitas. Kalau hama yang lain sampai saat ini belum ada ucapnya.(mrg)

LEAVE A REPLY